Cara Sederhana Merawat Mobil

Salam Jumpa Sobat dimana ente berada. Saya mau berbagi apa yang sudah saya alami bagaimana cara merawat kendaraan yang baik dan benar. Kendaraan yang saya maksud disini adalah kendaraan baik roda empat atau roda dua karena sistem kerjanya hampir sama. Pengalaman tentang merawat kendaraan ini sudah saya jalani -/+ 20 th. Kok lama banget yea... yaaa karena pekerjaan saya di bidang automotif, yang awalnya saya mulai dengan modifikasi mesin untuk aplikasi drag dan rally. Dengan berjalannya waktu dan berkurangnya minat dan kejuaraan yang diadakan maka saya memulai beralih ke perbaikan dan perawatan standart umum. Dari pengalaman saya ini lah apa salahnya untuk berbagi, mungkin berguna dan bisa sedikitnya membatu sobat semua. 

Untuk merawat kendaraan, memang susah-susah gampang. Banyak bagian-bagian kendaraan yang perlu diperhatikan dan mungkin dari kalian tidak memiliki waktu untuk hal itu karena kesibukan atau kegiatan sehari-hari yang sudah menyita waktu. 

Tenang sobat, ini ada beberapa saran dari saya yang mungkin bisa di terapkan
  1. Merawat mesin kendaraan. Merawat mesin yang saya maksud disini bukan seperti halnya melakukan service berkala, ganti oli dan lain sebagainya. Semua itu bisa dilakukan di bengkel-bengkel resmi atau umum. Tinggal dateng, daftar, utarakan keluhan ke mekanik, tunggu, selesai pengerjaan bayar terus pulang. Bukan itu maksud dan tujuan saya. Saya memusatkan tentang gimana cara membawa kendaraannya supaya mesin tetap prima dan awet.
    mesin yang sehat dan nyaman
    • Pergunakan gigi transmisi yang sesuai dengan kecepatan atau putaran mesin (RPM). Sebagai contoh, mempergunakan gigi rendah (3) di rpm 2000-3000. Contoh lain sewaktu kita mau melewati polisi tidur, yang saya sering temui beberapa orang enggan untuk memindahkan gigi pada posisi tersebut yang mengakibatkan mesin knoking (nglitik). Akibat dari knoking / nglitik ini yaitu rusaknya atau lemahnya ring piston, pen piston dan metal jalan mesin anda. Hal ini tidak berpengaruh dengan kendaraan-kendaraan baru yang sudah memiliki teknologi anti noking seperti mesin berteknologi VVTi, VTec atau Mivec sekalipun. Kendaraan yang menggunakan pengapian ganda atau individual. Teknologi tersebut hanya untuk efisiensi bahan bakar dan responsif tenaga mesin saja. Hal ini termasuk dengan kendaraan yang ber transmisi Matic. Apabila hal ini kita lakukan terus menerus, akan mengurangi umur mesin dan transmisi Matic.
    • Pergunakan jenis bahan bakar secara konstan, dengan kata lain jangan berganti-ganti produk bahan bakar. Masing-masing jenis bahan bakar, memiliki kandungan atau ramuan yang berbeda-beda untuk mempertahankan oktan. Sebagai contoh, bahan bakar yang ber oktan 92, apabila kita simpan dengan jenjang waktu 1 minggu oktan tetap di angka 92, tapi kalau kita simpan lebih dari 1 bulan, saya jamin oktan tidak akan mencapai di 92. Ramuan untuk mempertahankan oktan disini di gunakan oleh produsen untuk proses pendistribusian bahan bakar dari tempat penyulingan sampai ke para konsumen. Apabila kita terlalu sering berganti-ganti produk bahan bakar, akan mengakibatkan pengerakan pada sistem pembakaran di ruang bakar, seperti mempercepat pengerakan di klep, ruang bakar /chember dan piston. Pengerakan ini tidak hilang begitu saja dengan menyemprotkan foam pembersih pada waktu tunup dan service.
    • Jangan memacu kendaraan anda sampai 4000 rpm keatas dengan kondisi AC menyala. Hal ini akan mengakibatkan jebolnya kompresor AC terutama piston dan laher pully kompresor AC. Ada beberapa kendaraan yang sudah menggunakan teknologi ini.
      perhatikan RPM anda
      Apabila kita memacu kendaraan kita melebihi dari 3500 / 4000 rpm, kompresor AC akan otomatis mati, seperti kendaraan produk eropa. Untuk produk kendaraan jepang yang saya tau hanya produk Nisan yang harga barunya mulai 300 jt keatas atau kelas sport car.
    • Jangan mempergunakan asesoris lampu atau suond system yang berlebihan tanpa memperhatikan kapasitas accu.
      Apabila hal ini kita lakukan, akan mengakibatkan kerusakan pada dinamo amper / alternator. Memang para mekanik pedagang accesories atau sound system biasanya tidak menjelaskan tentang hal ini. (maaf para mekanik accsories dimana kau berada). Apabila anda ingin menambah accesories lampu atau soundsystem, alangkah baiknya anda menaikan kapasitas amper accu. Yang biasanya digunakan untuk kendaraan baru yang terpasang accu 45Am. Untuk amannya jadikan ke 50/55Am.
      altenator / dinamo amper
      penggantian accu yang lebih besar
      Bagi mereka yang kendaraannya untuk aplikasi kontes, alangkah baiknya mempergunakan kapasitas accu 60Am ke atas dan menaikan kapasitas altenator. Semua ini berpangkal pada tata cara pemasangan / perakitannya. Sesuai atau tidak dengan estetika kerapihan atau prosedur pemasangan yang ada. Apabila tidak dilakukan, akan menimbulkan arus pendek / korsleting atau terbakarnya kabel standart. 
  2. Merawat sektor roda atau biasanya disebut kaki-kaki.  Sektor ini memang jarang kita rasakan atau kita perhatikan. Yaa karena posisi sebagian besar di bawah body kendaraan yang bisa kita liat hanya waktu mencuci mobil. Iya kalo kita mencuci sendiri kendaraan kita, kalau mencucu kendraan kita di tempat pencucian mobil ????
    • Bagi mereka yang senang dengan kendaraan ceper / pendek. Jangan terlalu menceperkan kendaraan anda. Apalagi kendaraan anda dipergunakan untuk harian, bukan untuk konsumsi kontes. Hal ini akan sangat cepat merusak part kaki-kaki kendaraan anda. apabila anda tetap ingin memaksakan hal ini, saya sarankan pergunakan part loweringkit yang sudah banyak beredar di pasaran.
      damn low, damn used
      Berbagai merk tersedia dan dengan harga bervariasi tentunya. Ada harga ada kuwalitas. Seandainya hal ini tetap anda lakukan dengan mempergunakan part standart dan hanya dipotong pernya, akan mengakibatkan cepat rusaknya part kaki-kaki kendaraan anda, dan lebih paranya lagi ada salah satu konsumen dan sahabat saya kendaraannya terbalik di tol pada saat memacu kendaraannya. Usut punya usut, ternyata terjadi karena hilangnya per bagian belakang kanan oleh akibat dari memotong per terlalu pendek dan ikatan pernya tidak sengaja putus.
    • Perhatikan kondisi jalan. Semua pasti sudah tau kondisi jalan di kota atau daerah masing-masing kan. Hati-hati kondisi jalan berlubang, hati-hati disini bukan berarti anda terlalu lambat atau bahkan berhenti yeaa... (karena saya sering menemui kondisi seperti itu). Kalau kondis lalulintas sepi, hindari lobang tersebut dan apa bila kondisi lalulintas padat tetap pada jalur anda dan kurangi kecepatan dan sesuaikan kecepatan dengan kendaraan di depan kita. Untuk mengantisipasi kerusakan kaki-kaki kita hanya perlu meluangkan waktu untuk membalace ulang ke 4 roda dan sporing. Hal ni kita lakukan minimal 3 bulan sekali, tergantung rute perjalanan yang sering kita lewati.
Untuk perawatan body kendaraan kita, sangatlah mudah. Yang terpenting adalah jangan sampai terlalu lama kotoran menempel  di body kendaraan.
mempermudah berkembangnya jamur di body
karena akan mengakibatkan  jamur body dan apa bila tetap dibiarkan, akan mengakibatkan berkurangnya pancaran warna body atau body terlihat kusam walaupun habis kita cuci. Dalam hal mencuci kendaraan kita, jangan sembarang mencuci di tempat cucian mobil.
penggunaan air yang tidak tepat yang akan menimbulkan karat
Oleh karena apa, berdasarkan pengalaman saya, biasanya kain untuk mengeringkan body kendaraan yang habis di cuci, tidak dibilas terlebih dahulu oleh sang pengelap sehingga pasir atau kotoran yang terlewat pada saat pencucian kendaraan sebelumnya yang akan menempel dan membuat baretan-baretan halus di body.


Bagaimana sobat dengan uraian saya di atas, saya harab jelas dan bermanfaat yea, apabila ada kata atau kalimat yang menyinggung perasaan sobat-sobat mohon dibukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya.

Oiya, bagi mereka yang ingin kopas tentang posting saya ini, saya persilahkan dengan senang hati karena bagi saya berbagi itu indah. Setelah kopas jangan lupa untuk berkomentar di blog ini yeaa dan jangan lupa cantumin blog atau web sobat, yang mungkin nanti saya bisa berkunjung ke blog atau web sobat.

No comments:

Post a Comment